Home Berita Utama Masuki Musim Penghujan, DKP Pangkasi Pohon

Masuki Musim Penghujan, DKP Pangkasi Pohon

190
0
SHARE

Purwakarta, Bebas.ID – Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Purwakarta, mulai melakukan pemangkasan sejumlah pohon peneduh yang terdapat di sepanjang jalan utama yang ada di wilayah Purwakarta.

Pemangkasan ini sengaja dilakukan, guna meminimalisir kemungkinan terjadi tumbangnya pepohonan tersebut. Apalagi, saat ini memasuki musim penghujan yang bisa dibilang cukup ekstrim.

Kepala DKP Kabupaten Purwakarta, Ruslan Subanda mengatakan, sejak beberapa hari lalu pihaknya telah menerjunkan petugas untuk menyisir sejumlah jalur guna mencari pohon peneduh jalan yang dianggap rawan tumbang. Langkah ini sebagai antisipasi tumbangnya cabang maupun ranting pohon disaat hujan deras terjadi.

“Setiap hari, petugas kita menyisir seluruh jalur yang ada. Mereka akan memantau pohon yang sudah keropos dan rawan tumbang. Jika kondisi pohon tersebut membahayakan, akan langsung di tebang,” ujar Ruslan belum lama ini.

Ruslan menjelaskan, bukan tidak mungkin, pasti ada bagian cabang atau ranting pohon yang sudah kering atau lapuk. Apalagi, banyak pohon peneduh jalan yang sebagian besar diantaranya jenis ‘Angsana’ sudah berumur tua.

Sehingga, jika dibiarkan sangat beresiko tinggi. Khawatir, dikala hujan turun yang disertai angin kencang, batang pohon yang sudah rapuh itu akan tumbang dan menimpa pengguna jalan.

“Selain upaya antisipasi datangnya musim hujan, pemangkasan ini dilakukan sebagai bagian penataan kota, agar pohon peneduh jalan ini terlihat lebih rapi dan enak dipandang,” jelasnya.

Terkait pohon yang rawan tumbang saat musim penghujan ini, Ruslan mengungkapkan, jumlahnya ada puluhan pohon. Pohon tersebut, tersebar di sepanjang jalan protokol di Purwakarta, sepertidi sepanjang jalan Veteran dan Jalan RE Martadinata (Jalan Tengah).

“Pemangkasan ini akan rutin dilakukan setiap hari dan di prioritaskan pada pohon yang rawan tumbang. Adapun jenis pohon tersebut di dominasi Pohon Angsana,” ungkapnya.(zal)

LEAVE A REPLY