Home News Awal 2017, iPhone Lawas Tak Akan Dapatkan Aplikasi WhatsApp

Awal 2017, iPhone Lawas Tak Akan Dapatkan Aplikasi WhatsApp

76
0
SHARE

Kabar penting bagi pengguna WhatsApp, terutama bagi pengguna iPhone versi lawas. Di penghujung tahun 2016 ini, WhatsApp memutuskan untuk menghentikan dukungannya terhadap sejumlah sistem operasi. Salah satu sistem operasi yang kurang beruntung ini ialah iOS 6 yang masih digunakan di sejumlah seri iPhone lawas, contohnya iPhone 3GS.

Dengan demikian, pada awal tahun 2017 mendatang, iPhone lawas pun tidak akan memperoleh aplikasi WhatsApp. Hal ini juga berlaku untuk iPhone 4 jika sistem operasinya yang diusungnya masih menggunakan iOS 6. Sebenarnya, iPhone 4 masih memiliki opsi lain. Penggunanya dapat mengupdate sistem operasinya hingga mencapai iOS 7.1.2 untuk dapat tetap menggunakan WhatsApp dalam berkirim pesan.

Keputusan untuk menghentikan dukungannya ini sebenarnya telah diumumkan oleh WhatsApp beberapa waktu lalu. Bahkan tidak hanya iOS 6, WhatsApp juga akan menghentikan dukungannya terhadap beberapa sistem operasi lainnya. Sistem operasi yang tidak lagi dapat menggunakan WhatsApp pada akhir tahun 2016 ini meliputi Windows Phone 7, Android 2.1 dan Android 2.2. Namun jika Anda masih ingin tetap menggunakannya, disarankan untuk segera memperbaharui sistem operasinya ke Android 2.3 ke atas, Windows 8 ke atas atau iOS 7 ke atas sebelum tahun 2016 berakhir.

Lantas apa alasan WhatsApp menghentikan dukungannya terhadap beberapa sistem operasi tersebut ?

Alasan WhatsApp menghentikan dukungannya terhadap platform-platform yang disebutkan pun sangat sederhana. Platform tersebut terbilang sudah cukup lawas dan tidak lagi didukung oleh pengembangnya. Tak hanya itu, platform tersebut dianggap sudah tidak mampu lagi untuk menghadirkan apa yang diinginkan oleh WhatsApp dalam pengembangan fiturnya di masa yang akan datang. Mengingat sistem operasi yang digunakan oleh sebuah smartphone merupakan bagian penting yang diperhatikan oleh WhatsApp.

Selain sistem operasi tersebut, WhatsApp juga berencana untuk menghentikan dukungannya terhadap sistem operasinya lain, yakni BlackBerry OS, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian. Namun beruntungnya, rencana tersebut akhirnya batal dan pihak perusahaan memutuskan untuk memperpanjang waktu dukungannya terhadap sistem operasi tersebut. Adapun perpanjangan waktunya ialah hingga 30 Juni 2017 mendatang.

 

Jika Anda menggantungkan diri terhadap WhatsApp sebagai sarana komunikasi dan smartphone Anda terdaftar dalam deretan smartphone yang disebutkan di atas, sebaiknya segera mengganti ponsel Anda yang mendukung fitur WhatsApp.

LEAVE A REPLY