Home Teknologi Tahun Depan, Twitter Lebih Fokus Garap Konten Video

Tahun Depan, Twitter Lebih Fokus Garap Konten Video

61
0
SHARE

Bebas.id – Di sepanjang tahun 2016 ini, konten video yang disajikan di perangkat mobile dapat dikatakan sebagai primadona. Berbagai layanan sosial media memutuskan untuk menyisipkan fitur gambar bergerak pada layanannya, contohnya saja Instagram Stories, Facebook Live hingga akses langsung Periscope melalui media sosial Twitter.

Berkaitan dengan ini, Roy Simangunsong selaku Country Head Twitter Indonesia mengungkapkan bahwa pihaknya akan lebih fokus untuk menggarap konten video pada tahun 2017 mendatang. Mengingat video sendiri memiliki potensi yang sangat besar dan sangat sayang jika diabaikan begitu saja.

Di sepanjang tahun 2016 sendiri, penikmat video di media sosial berlogo burung biru ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan secara global, yakni mencapai 125 persen. Bahkan di Indonesia, konsumsinya sudah mencapai dua persen.

Lebih lanjut, Roy menuturkan bahwa selain Periscope, Twitter sendiri juga telah memiliki konten video reguler 140 detik dan fitur Live yang terbaru.

Periscope memungkinkan para penggunanya untuk menyiarkan langsung berbagai kegiatan atau aktivitas yang dilakukannya secara real-time dalam bentuk video yang dapat dibagikan ke teman-temannya di Twitter. Selain langsung membagikannya, layanan ini juga memungkinkan pengguna untuk merekam kejadian tertentu dan menyimpannya untuk membagikannya di lain waktu. Adapun waktu yang diberikan oleh Periscope ini ialah 140 detik.

Layanan yang terakhir ialah fitur Live yang dirancang khusus untuk menyasak kalangan profesional. Fitur Live sendiri pertama kali digunakan oleh NFL dan NBA. Meskipun di Indonesia sendiri layanan ini sudah tersedia, namun masih belum ada yang menjajalnya. Padalah kualitas yang diberikan oleh Live terbilang lebih bagus jika dibandingkan dengan Periscope. Oleh karena itu, Twitter pun tengah mencari pembuat konten untuk memanfaatkan Live di tanah air.

Pada 2 Desember lalu, fitur Live bahkan digunakan untuk menyiarkan sesi tanya jawab pemain dan sutradara dari film Rogues One : A Star Wars Story. Dimana pengguna Twitter diberi hak akses untuk menanyakan berbagai hal terkait film tersebut dengan menambahkan tagar tertentu agar dapat dijawab oleh kru film tersebut.

Menurut Roy, interaksi yang disuguhkan oleh Live terbilang lebih baik dengan pengguna. Sangat berbeda dengan televisi yang hanya melakukan interaksi satu arah.

Selain video yang sedang populer, Twitter juga mengungkapkan tren topik yang ramai diperbincangkan sepanjang tahun 2016 ini, yakni :

  1. Ramadhan
  2. Kemenangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Olimpiade #Rio2016
  3. HUT RI ke-71
  4. Gerhana Matahari Total 2016
  5. Aksi teroris di Sarinah
  6. EURO 2016
  7. Love BTS
  8. Pertandingan Persib
  9. Bom di Madinah
  10. Timnas Indonesia

LEAVE A REPLY