Home Tips Trik Memasak Terungkap Rahasia Memasak Cumi Agar Empuk & Tidak Alot

Terungkap Rahasia Memasak Cumi Agar Empuk & Tidak Alot

483
0
SHARE

Cumi merupakan salah satu jenis seafood yang cukup diminati karena rasa dagingnya yang begitu khas. Kendati demikian, memasak cumi bisa dibilang susah-susah gampang.

Pasalnya apabila dalam proses pengolahannya tidak dilakukan dengan tepat maka akan membuat cumi terasa kurang empuk alias alot. Jangan orang lain, anda yang memasaknya tentu tidak mau memakan makanan yang susah untuk di makan.

Untuk menghindari hal tersebut, berikut ini adalah cara rahasia yang bisa anda lakukan supaya olahan cumi yang dibuat menjadi empuk.

Cara membuat cumi agar tidak alot

  • Perhatikan Lamanya Waktu Memasak 

Hal mendasar yang bisa membuat olahan cumi terasa alot adalah lamanya waktu pemasakan. Waktu yang paling tepat untuk memasak cumi adalah kurang dari 3 menit atau lebih dari 30 menit. Karena jika memasak cumi di luar waktu tersebut, maka akan membuat daging cumi terasa kurang empuk.

  • Setelah Dimasak Segera Masukan ke Air Dingin 

Memasukan cumi ke dalam air dingin setelah dilakukannya proses pemasakan mampu membuat cumi dalam keadaan suhu normal. Sehingga mampu menjaga tekstur cumi agar tetap dalam keadaan empuk.

  • Memisahkan Cumi dengan Bahan Masakan Lainnya 

Caranya adalah dengan memasak cumi secara terpisah dengan bahan lainnya. Misalnya anda ingin mengolahnya menjadi sup, maka sebaiknya untuk memasak cumi terlebih dahulu, baru memasukannya ke dalam bahan masakan lainnya.

  • Merendamnya dengan Susu Cair

Anda juga bisa merendam daging cumi dengan susu cair segar supaya ketika dimasak daging cumi terasa lebih empuk. Caranya yaitu dengan merendam cumi ke dalam susu selama 1 – 2 jam. Penting untuk diingat bahwa susu yang digunakan adalah susu segar, bukan susu bubuk ataupun susu kental manis.

  • Merendamnya dengan Baking Soda 

Merendam daging cumi dengan baking soda juga bisa menjadi alteratif lain supaya daging cumi menjadi empuk. Caranya pun cukup simpel, anda hanya perlu merendam cumi dengan satu sendok makan baking soda, lalu diamkan selama 1 – 2 jam.

Demikianlah informasi mengenai rahasia memasak cumi agar empuk dan tidak alot. Cara ini tentunya sangat efektif supaya olahan cumi yang dibuat terasa lebih lezat, lebih empuk, dan yang pasti tidak alot saat di goreng atau dimasak dengan olahan lainya.

LEAVE A REPLY