Home Travel Buat Kamu Pecinta Kuliner, Yuk Intip Masakan Khas Kota Banyuwangi

Buat Kamu Pecinta Kuliner, Yuk Intip Masakan Khas Kota Banyuwangi

419
0
SHARE

Setiap kota di Indonesia memiliki nama sebutannya yang sangat unik. Seperti Jogjakarta dengan sebutannya Kota Pendidikan yang sangat kental di telinga masyarakat Indonesia. Kota Aceh dengan sebutannya Kota Serambi Mekah, dan Jakarta dengan sebutannya Kota Metropolitan. Namun ada salah satu kota di Jawa Timur dengan nama sebutannya yang tidak kalah unik dengan kota lainnya. Iya Banyuwangi, kota dengan sebutan Sunrise Of Java yang artinya Matahari dari Jawa tersebut, juga memiliki sebutan yang tidak kalah unik dengan kota lainnya. Tetapi ada satu hal yang menarik lainnya untuk dibahas dari Kota Banyuwangi adalah mengenai masakan khasnya. Buat kamu para Pecinta Kuliner yang sedang mencari berbagai masakan khas yang berada di berbagai daerah di Indonesia, bisa langsung datang di Kota Banyuwangi dan mencicipi masakan khasnya tersebut. Apa saja destinasi wisata tersebut, mari kita bahas satu-persatu.

1. SEGO TEMPONG

Yang pertama adalah Sego Tempong. Sego Tempong merupakan perpaduan nasi dengan beragam sayur – sayuran seperti sayur sawi, terong, ketimun, dan sambal khasnya yang super pedas. Super pedasnya itulah bagi orang Banyuwangi bisa membuat yang makan terasa habis ditampar atau bahasa Banyuwanginya adalah tempong. Untuk lauk pauknya sendiri, Sego Tempong ini biasa disajikan dengan menu Ikan Asin, Tempe Goreng, dan Dadar Jagung.

2. RUJAK SOTO

Terdengar aneh sih memang. Cuman kalau kalian mencicipi masakan khas Kota Banyuwangi yang satu ini, dijamin ketagihan deh. Rujak Soto merupakan masakan khas Kota Banyuwangi yang memadukan antara Rujak yang dicampur dengan kuah Soto. Tetapi kuah Sotonya bukan dari kuah Soto Ayam melainkan Soto Babat. Meskipun termasuk jenis makanan yang bercampur antara Rujak dan Soto, tetapi patut untuk dicoba. Perpaduan tersebut menghasilkan citra rasa yang enak di lidah.

 3. SEGO JANGANAN ATAU SEGO CAWUK

Makanan khas Kota Banyuwangi yang satu ini, juga terdengar aneh. Kata Cawuk tersebut berasal dari kebiasaan masyarakat suku Osing  – Suku Asli Masyarakat Banyuwangi – dengan makan menggunakan tangan. Kebiasaan itulah disebut oleh Masyarakat Banyuwangi dengan istilah “Cawuk”. Terdengar aneh bukan. Untuk perpaduannya, Nasi Cawuk ini biasanya memadukan lauk pauk Endog Encit dan disiram dengan kuah Ikan Pindang yang dimasak dengan cara digendam. Cara tersebut satu-satunya dilakukan hanya di Kota Banyuwangi

4. PINDANG KOYONG

Masakan khas yang terakhir adalah Pindang Koyong. Masakan satu ini tidak boleh terlewatkan untuk mencicipinya. Masakan ini biasanya dipadukan dengan Sayur Klentang dan sambal khas dari Kota Banyuwangi yang super pedas. Ikan yang digunakan tidak hanya Ikan Pindang saja, tetapi bisa Ikan Tongkol maupun Ikan Tenggiri. Masakan ini mirip sekali dengan soto. Akan tetapi yang menjadi pembeda dari masakan ini adalah adanya Belimbing Wuluh yang berfungsi sebagai penghilang bau amis dari Ikan yang dimasak tersebut.

Buat kamu Pecinta Kuliner nih, itulah masakan khas dari Kota Banyuwangi yang juga tidak kalah uniknya. Paling tidak masakan khas dari Kota Banyuwangi membuat kalian penasaran dan patut untuk dicoba. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY