Home Berita Utama Gempa 5,5 SR Guncang Kota Padang 9 Januari 2017

Gempa 5,5 SR Guncang Kota Padang 9 Januari 2017

375
0
SHARE

Senja belum sepenuhnya datang dan mentari masih terasa meski hampir tenggelam. Kota Padang, Sumatra Barat dikagetkan dengan adanya guncangan besar. Besar, sekitar 5,5 SR. Beberapa orang tak mengira kalau petang itu, akan datang gempa.

Dilansir dari waktuku.com, Senin (9/1/2017) gempa bumi terjadi pukul 18.28WIB. Warga yang saat itu hendak pergi ke langgar kaget. Warga yang khawatir akan terjadi gempa susulan yang lain berlarian keluar rumah menuju tanah lapang.

Budi (26), warga kota Padange menuturkan, “Saya sedang mau ke musalla untuk salat maghrib. Tapi tiba-tiba datang gempa. Getarannya cukup kuat, takut rumah roboh saya lari keluar,” ujarnya.

Situs Liputan6 melaporkan gempa terasa dari Padang, SUMBAR hingga ke Muko-Muko. Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya menulis, Senin (9/1/2017)

“Pusat gempa berada di laut dengan kedalama 17KM. Dan pusat gempa berada di 64KM bartat laut pesisir selatan atau pada 83KM barat daya Kota Padang, Sumatera Barat. Gempa berasal dari Zona Subduksi lempeng Indo-Australia dan Eurasia. Dan tidak berpotensi Tsunami.”

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi kerugian dan juga jumlah korban jiwa. Yang jelas, gempa ini sempat membuat panik warga Kota Padang dan sekitarnya. Karena goncangan terasa cukup besar dan lama.

Informasi dari BMKG memyebutkan, gempa terjadi pukul 18.28.35 WIB. Lokasinya pada 1.69 LS, 100.31 BT. Pusatnya berada pada 64KM BL pesisir selatan Sumatra Barat.

LEAVE A REPLY