Home Berita Utama Pemeriksaan Habib Rizieq Sukses, Massa FPI Diserang Gerombolan Preman

Pemeriksaan Habib Rizieq Sukses, Massa FPI Diserang Gerombolan Preman

499
0
SHARE

Imam Besar Front Pembela Islam Indonesia (FPI) akhirnya memenuhi panggilan Kapolda Jabar, setelah sebelumnya sempat tidak bisa hadir karena sakit. Namun kehadiran Habib Rizeq, Kamis (12/1) tidak sendiri, melainkan diikuti oleh kaum muslimin dari berbagai daerah.

Habib Rizieq sendiri selesai diperiksa sekitar jam 15.15 WIB. Begitu keluar dari Kantor Polisi, beliau sempat memberikan orasi kepada massa yang menunggunya. Baru kemudian pulang dengan mobilnya.

Tetapi lain cerita terjadi. Massa FPI yang sangat proaktif terhadap perintah dari polisi yang hadir, ternyata justru mendapatkan serangan dari sekelompok orang tak dikenal. Kelompok tersebut berjumlah hampir 500 orang.

Ciri-ciri mereka bertubuh kekar dan badannya rata-rata dipenuhi tato. Beberapa masyarakat di lokasi mengatakan kalau mereka adalah preman.

Setelah semua acara selesai, sata anggota FPI dan muslimin di sana sudah pulang, massa dengan anggota bertato tersebut mulai merengsek. Mereka dengan membai buta menyerang masa FPI dan muslimin.

Terlihat dari sejumlah berita dan video yang beredar di media sosial, massa bertato tersebut mengatas namakan GMBI (Gerakan masyarakat bawah Indonesia).

5 Orang Luka dan Mobil Hancur

Dilaporkan oleh Republika, Kamis (12/1) massa FPI yang semula sudah membubarkan diir dan hendak pulang tiba-tiba diserang oleh massa GMBI. Bahkan Mobil Kijang Inova milik salah satu laskar FPI hancur.

Selain itu, ada satu laskar FPI yang diserang ketika sedang makan di rumah makan Ampera. 5 orang lainnya luka-luka.

Sejumlah pihak menyayangkan perilaku arogan dan tidak tahu aturan massa GMBI yang konon adalah binaan dari Kapolda Jawa Barat.

Dilansir Panjimas.com, Kamis (12/1) penyerangan terjadi setelah kepulangan Habib Rizieq. Dan ketika beberapa orang dari massa FPI yang sedang beranjak pulang tiba-tiba diserang dari belakang oleh massa GMBI, yang menurut orang adalah kumpulan preman.

Habib Ali menuturkan, “Setelah Habib Rizieq pulang, umat Islam mengiringi. Ketika sebagian yang tertinggal sedang berjalan pulang tiba-tiba preman-preman itu menyerang. Mulai kendaraan dan laskar ada yang luka,” kata Habib Ali pada Panjimas.com, Kamis (12/1)

Foto amatir penyerangan angota FPI oleh sekelompok Preman
seorang laskar yang diserang oleh gerombolan preman
Mobil laskar yang dihancurkan preman
Mobil laskar yang diserang preman

Siapakah GMBI?

Menurut sejumlah sumber, GMBI adalah sebuah LSM. Di mana LSM tersebut pernah demo melawan pejabat negara yang menurut mereka korup. Pernah juga melaporkan Abraham Samad terkait kepemilikan senjata api yang diklaim suratnya sudah kadaluarsa.

Dan seperti dilaporkan Tempo, GMBI memiliki bisnis mengolah limbah. Namun masyarakat mempertanyakan kiprahnya yang sering berujung anarkis.  Bahkan salah satu bisnis GMBI adalah pengamanan sengketa lahan dengan bayaran 100 ribu perorang perhari plus 20 persen dari nilai totalnya.

 

LEAVE A REPLY