Home Wisata Indonesia Jangkrik Krispy Lagi Trend, Jangkrik Goreng Tepung Jadi Kudapan Kegemaran di...

Jangkrik Krispy Lagi Trend, Jangkrik Goreng Tepung Jadi Kudapan Kegemaran di Surabaya

225
0
SHARE

Pisang krispy, Tahu Krispy, Jamuar Krispy adalah nama makanan yang sudah tidak asing lagi. Dan wajar serta sangat lazim di masyarakat. Karena sayuran tersebut mudah didapat dan menjadi makanan sehari-hari di berbagai tempat.

Lain lagi dengan ayam krispy, meski dari jenis hewan ayam pun telah umum dikonsumsi masyarakat. Tapi ibu-ibu di Surabaya memiliki terobosan baru, Jangkrik krispy. Serius, bukan guyonan.

Jangkrik yang notabene serangga dan sering dijadikan pakan burung diubah menjadi penganan khas yang memiliki cita rasa tinggi. Ibu-ibu di Semolowaru Elok, Surabaya entah dapat ide dari mana.

Yang jelas kreasi mereka kini menjadi boming dan digemari warga. Jangkrik krispy sama seperti pembuatan sayuran krispy atau ayam krispy lainnya. Hanya saja jangkrik krispy dimakan bersama dengan saus yang banyak.

Banyak pihak tidak menyangka kalau kreasi sederhana tersebut membuat ketagihan. Cara membuatnya juga cukup mudah. Langkahnya sebagai berikut!

Cara membuat Jangrik Krispy

Pertama kali kumpulkan jangkrik. Pilih yang baik dan berkualitas. Kemudian bersihkan. lalu rebus pada air mendidih. Perebusan dimaksudkan untuk menghilangkan kulit luar yang kotor dan kotoran lain yang menempel.

Kedua buang bagian tubuh yang tidak terpakai hingga menyisakan bagian tubuhnya saja. Setelahnya siapkan bumbu. Dan minyak untuk menggoreng.

Ketiga adalah bumbu. Bumbunya seperti membuat janur krispy biasa, yaitu tepung taipoka, tepung beras, telur dan bawang putih, merah, mrica. Jika suka, bisa tambahkan irisan daun jeruk.

Keempat. Jika persiapan sudah selesai semua, siapkan wajan panas dan minyak, kemudian goreng sampai matang. Jangkrik krispy siap untuk dinikmati bersama saus.

Meski terkesan aneh, sebenarnya mengkonsumsi serangga bukan hal yang baru. Di Indonesia sendiri banyak orang memburu laron untuk kemudian dibuat rempeyek.

Masyarakat mempercayai kalau serangga seperti jangkrik mengandung nutrisi tinggi, vitamin, Protein, mineral dan juga beberapa zat penting lainnya.

Meski aman dimakan dan sudah umum, pastikan serangga yang hendak dikonsumsi aman dari pestisida. Jika tidak, memakannya bisa menyebabkan keracunan.

LEAVE A REPLY