Home Berita Utama Video Amatir Gempa Medan, Warga Berhamburan Kaca Mall Focal Point Pecah

Video Amatir Gempa Medan, Warga Berhamburan Kaca Mall Focal Point Pecah

327
0
SHARE

Setidaknya 1 kaca pada pusat perbelanjaan Mall Focal Point pecah, gempa berkekuatan 5,6 SR yang terjadi Senin (16/1) malam pukul 19.13 WIB membuat warga panik. Namun sejauh ini belum ada informasi mengenai kerusakan lain dan korban jiwa. BMKG terus saja memberikan himbauan pada warga agar tetap tenang dan mengikuti arahan dari BPBD setempat.

Gempa 5,6 SR terjadi di Deliserdang. Warga Kota Medan juga merasakan gempa yang berpusat di 3.33 LU,98.46 BT (28 km BaratDaya KAB-DELISERDANG-SUMUT), Kedalaman:10 Km

Kepala Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan menegaskkan bahwa gempa terjadi akibat  aktifitas sesar lokal.

“Kalau gempa karena sesar lokal karakteristiknya kedalamannya dangkal. Sedangkan gempa akibat subduksi lempeng pulau Sumatra kisaran kedalamannya bisa mencapai ratusan kilometer,” kata Syahnan, Kepala Data dan Informasi BMKG Wilayah I Medan, Syahnan, Senin (16/1/2017) malam.

BNPB Wilayah Medan Berikan Himbauan

Posko BNPB telah mengonfirmasi dampak gempa. Gempa dirasakan keras di Deli Serdang, Binjai dan Karo sekitar 5-8 detik. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.

Gempa juga dirasakan dengan intensitas sedang di Kota Medan. Masyarakat Kota Medan juga berhamburan keluar rumah.

Pusat gempa cukup dekat Gunung Sinabung karena pusat gempa berjarak sekitar 33 kilometer timur laut dari Kabupaten Karo. Semoga tidak makin meningkatkan aktivitas vulkanik Gunung Sinabung. PVMBG mengintensifkan pengamatan Gunung Sinabung. Status G. Sinabung tetap Awas.

Berdasarkan analisis peta gempa dirasakan di sekitar Deli Serdang dan Binjai intensitas gempa sekitar IV hingga V MM. Artinya guncangan gempa yang dirasakan ringan hingga sedang. Diperkirakan gempa tidak berdampak pada kerusakan bangunan yang masif. Umumnya bangunan akan rusak berat jika menerima intensitas gempa dibatas VI MMI.

BPBD masih melakukan pendataan. Hingga saat ini belum ada laporan korban jiwa. Dilaporkan beberapa rumah mengalami kerusakan namun masih pendataan. Listrik mati di Kota Berastagi dan beberapa desa di sekitar Gunung Sinabung seperti di Desa Sukandebi dan Sukatepu.

Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB

Rekaman Video Kepanikan Warga saat Gempa Terekam CCTV

Kepanikan warga saat terjadi gempa sempat terekam CCTV. Bahkan ada video amatir yang beredar. Kebanyakan warga berlarian karena khawatir bangunan akan roboh. Sebab gempa terasa cukup besar.

Gempa melanda Kota Medan mengakibatkan kaca Mall Focal Point pecah, Senin (16/1/2017).

Salah seorang warga Medan, Edy Sitanggang. Ia menceritakan kala gempa terjadi ia sedang berada di lantai 3 gedung Cambridge untuk merampungkan pekerjaan kantornya.

“Lagi kerja. Aku kira karena lagi ngga enak badan. Eh, ngga tahunya goyangan gempa. Atapnya udah goyang.” Ujarnya.

Edy juga menjelaskan, ia mendengar suara kaca pecah di lantai 3 ketika kejadian. Selain itu, pegawai lainnya juga ketakutan dan berlarian menyelamatkan diri.

Pantauan BMKG, sampai saat ini sudah terjadi 9 kali gempa susulan dengan kekuatan lebih kecil. Baik BMKG maupun BNPB setempat menghimbau agar warga tetap tenang dan bekerjasama dengan BNPB karena gempa tidak berpontensi tsunami.

LEAVE A REPLY