Home Wisata Kuliner Indonesia Gurihnya Sate Klopo Surabaya Bu Asih, Dijamin Goyang Lidah dan Tak Ingin...

Gurihnya Sate Klopo Surabaya Bu Asih, Dijamin Goyang Lidah dan Tak Ingin Pergi

282
0
SHARE

Berakhir pekan atau liburan ruitn, setidaknya ada beberapa hal yang Anda wajib fahami. Pertama soal dana, kedua soal tujuan, ketiga soal kuliner. Wisata terbaik dan yang selalau jadi kenangan, sejauh ini hanyalah wisata kuliner.

Benar sekali. Penggemar wisata kuliner tidak bisa dibendung. Dan semua orang suka dengan makan. Berkunjung ke Surabaya, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi sate Klopo.

Di Surabaya ada satu rumah makan terkenal yang menyediakan sate klopo ini. Sate klopo ini tak berubah rasa dan racikannya sejak 68 tahun lalu. Namanya sate Klopo Ondomohen.  Jalan Ondomohen ini sekarang bernama jalan Walikota Mustajab.

Di sinilah mertua Bu Asih dulunya berjualan, berjualan sejak tahun 1945. Sate klopo memang unik. Sesuai namanya, sate klopo adalah sate yang diberi balutan klopo atau kelapa.

Sate jenis ini memang jarang ditemui. Bahkan dulunya mertua Bu Asih bisa dikatakan pioner dalam sate klopo ini. Dikutip dari detik food, Kamis (19/1) menurut Bu Asih, mertuanya dulu jualan di warung kecil di jalan Ondomohen atau jalan Walikota Mustajab.

“Ibu saya dulu awal jualan tahun 1945, di sana. Di warung kecil.” ujarnya.

Sate klopo selain menyuguhkan rasa gurih karena daging, juga ada gurihnya kelapa. Melihatnya Anda akan mengira sate klopo sama dengan sate lilit yang isinya telur. Sekilas memang sama.

Mertua Bu Asih berjualan di warung kecil selama 4 tahun, kemudian pindah ke warung yang sampai saat ini ditempati. Kemudian mulailah dikenal dengan sate Klopo Ondomohen.

Cara Makan Sate Klopo

Sate Klopo sama dengan sate biasa, hanya saja yang membedakan sate klopo adalah daging yang dibalut kepala, kemudian cara makannya bersama dengan dengan serundeng dan kuah kacang kental.

Satu porsi sate klopo berisi 10 tusuk. Dibanderol dengan harga Rp25.000. Tidak mahal mengingat irisdan dagingnya juga tebal dan besar. Ditambah dengan balutan kelapa, nampak jadi lebih besar.

Selain itu, kelapa bakar gosong dicampur dengan kuah kacang kental plus irisan bawang merah dan cabe rawit membuat lidah bergoyang tak mau henti ketika Anda menyantapnya.

Menikmati sate klopo memang paling enak bersama sepiring nasi putih hangat. Orang jawa menyebutnya dengan nasi kebul-kebul. Nyam nyam…. begitu sate masuk ke mulut dan menyentuh lidah, seakan penat hilang tergantian dengan rasa gurih dan lezat perpaduan daging dan bumbu kacang.

Warung makan Bu Asih menyediakan dua macam menu sate, pertama sate ayam klopo dan sate sapi klopo. Berbeda dengan sate sapi klopo, sate ayam klopo harganya jauh lebih murah, cuma Rp18.000 saja. Soal rasa tentunya tidak kalah lezat dari sate sapi klopo.

Menariknya sate ayam klopo, seluruhnya menggunakan daging ayam tanpa ada jeroan atau tambahan lain, sehingga satenya padat dan gurih sekali.

Alamat:

Sate Klopo Ondomahem Bu Asih

Jl. Walikota Mustajab nomor 36, Surabaya

Buka: Jam 06.30 WIB sampai Jam 11.00WIB

Titik koordinat Google maps @-7.247797,112.779887,14z

LEAVE A REPLY