Home Motivasi Bukan Hal Sepele, Tapi Kecanduan Smartphone Efeknya Bahaya, lo. Ketahui 5 Ciri-cirinya

Bukan Hal Sepele, Tapi Kecanduan Smartphone Efeknya Bahaya, lo. Ketahui 5 Ciri-cirinya

506
0
SHARE

Perlahan namun pasti, teknologi berkembang dengan tanpa diduga. Awalnya, ponsel hanya bisa untuk telphone. Kemudian berkembang untuk mengirimkan pesan singkat. Lalu berkembang lagi dengan suara yang lebih bagus, dan berkembang lagi dengan layar warna.

Sekarang ponsel bukan cuma untuk mengirim pesan dan menelphone, bahkan ponsel bisa untuk menonton film, bermain game dan banyak lagi fungsi canggih yang ada, Nah, kalau kamu pernah memakai ponsel hanya bisa cuma buat SMS sebaris, berarti kamu sudah tua. Serius. Ponsel itu ada sekitar tahun 1990 an.

Ada baiknya, namun ada juga buruknya memakai dan mengikuti perkembangan zaman. Kamu suka update gagdget, tapi kamu harus memahami kalau kalau kecanduan smartphone juga tidak baik. Kamu harus tahu 5 ciri-ciri kecanduan smartphone, dan bahayanya. Biar kamu terhindar dari penyakit jiwa atau penyakit medis.

1. Semua yang dilakukan pengennya diupload, waspada ya, bisa jadi kamu terkena syndrom megalomania dan penyakit jiwa yang lain

Syndrom megalomania adalah penyakit jiwa yang biasanya penderita butuh pengakuan dan merasa dirinya adalah orang besar. Kamu harus tahu, kalau kebiasaan memamerkan apapun di dunia maya bukanlah kebiasaan sehat.

Jaga diri, upload secukupnya saja. Karena kebiasaan ini sudah menyebar ke seluruh pengguna sosmed. Ngga pede dan ngga keren rasanya kalau ngga upload foto selfie, foto diri, atau ngasih tahu kalau kamu lagi ada di suatu tempat.

2.Pengennya selalu terhubung dengan hape dan susah konsetrasi. Ketahui, ya, kamu sudah terkenal penyakit gagal fokus. Bisa jadi merembet ke Biploar

Kerjaanmu harusnya cepat selesai andai tidak ada hape di sebelahmu. Tapi rasanya ngga lengkap kalau ngga ada hape di sebelahmu. Waspada, bisa jadi kamu terkena penyakit psikologis.

Kalau sampai ngga bisa fokus jika ada hape di dekatmu, segera koreksi diri dan perbaiki. Kamu ngga akan bisa mengerjakan apa-apa lagi. Dan akibatnya produktifitasmu menurun drastis.

Santai saja jangan terlalu keterlaluan menggunakan hape.

3.Ngga bisa lepas dari power bank dan selalu panik sata batere mau habis, hati-hati kamu mengalami gangguan psikologis parah

Bukan cuma saat di keramaian, namun kamu akan gagal fokus dan selalu berusaha tetap konek dengan hape. Ngga salah lagi, setiap kali batere mau habis, kamu panik, cemas bahkan agar bisa selalu terhubung dengan hape ke mana-mana bawa power bank.

Waspadalah, bisa jadi kamu sudah masuk tahap gangguan psikologis akut karenanya.

4.Ngobrol pun ngga bisa lepas dari hape, bahkan lawan obrolan dicuekin Kamu positif mengalami penurunan sosial yang parah

Sudah sering mengalami, kan? saat sedang ngobrol dengan teman tetiba temanmu hanya fokus pada hape saja. Kamu sampai gedek ngga digubris. Itulah ciri-ciri kamu sudah terkena gangguan sosial.

Kamu ngga enjoy lagi bergaul dengan masyarakat, interaksi langsung pun jadi nomor dua. Alhasil kamu senang dengan interaksi dunia maya.

5.Bangun tidur bukannya berdoa, malah nyari hape dan mengecek medsos atau ada pesan apa?

Kamu sudah pernah mengalaminya? inilah salah satu dari sekian tanda kalau kamu kena penyakit psikolgis karena ketergantungan pada hape.

LEAVE A REPLY