Home Berita Utama Biar Ngga Salah Kaprah Lagi, Nih Perbedaan Indochina dan Indonesia

Biar Ngga Salah Kaprah Lagi, Nih Perbedaan Indochina dan Indonesia

390
0
SHARE

Sudah jatuh tertimpa tangga pula, mungkin itu sebutan yang tepat bagi sekelompok orang yang mudah terprovokasi sebuah berita namun ternyata dia salah dalam memahami berita tersebut. Saat ini di netizen sedang digegerkan dengan sebuah postingan yang menjadi viral.

Postingan yang menyebut tentang Indochina, difahami keliru. Jika ditelusur awalnya hanya sebuah ketidaktahuan belaka. Dan berujung pada komentar sinis dan negative. Dalam sebuah akun Facebook diunggah gambar foto tentang Indochina, melihat dari gambar tersebut, nampaknya ada di bandara.

Dan besar kemungkinan berada di bandara atau penerbangan dari Malaysia. Di dalam foto tertulis Indochina dan beberapa daerah lainnya, nah persoalannya si pengunggah asal mengcaption, dengan tulisan bernada porvokatif,

“Pass mau chek in di bandara KLlA2 Malaysia, pass lihat papan info…. Ada tulisan “INDOCHINA” saya tunggu mana INDONESIA tapi tetap tak muncul. Jadi dimana letak Negara INDOCHINA? Mikir dan SADARlah Saudaraku INDONESIA,” tulis pengguna akun Facebook tersebut.

Tulisan provokatif tersebut langsung mendapatkan respon dari banyak orang bahkan menjadi viral dalam waktu singkat. Beberapa akun menuliskan,

“Kenapa tidak ada yang marah ketika nama Indonesia menjadi Indochona di Bandara Kuala lumpur?” tulis pengguna aku @sattarzain.

“Buka mata buka telinga…indochina itu di mana?? ZOOM foto,” kicau akun @dreamorita

Tulisan tersebut, mendapatkajn komentar negatif dan juga komentar positif. Namun beberapa orang memilih kroscek dulu dan menuliskan komentar tak kalah menohok.

“Setahuku Indochona itu memang bukan sebuah negara, tapi sbeutan dari kumpulan beberapa negara semacam Skandinavia (denmark, Norwegia, Swedia)” kicau @FianHyde

“Indochina itu Area semenanjung Asia Tenggara bekas jajahan prancis (vietnam-kamboja-Laos) disebut gitu karena posisinya antara Indoa dan china,” cuit @tygerd

Mengenal Indochina yang sebenarnya

Dikutip dari Wikipedia, Indochina sejatinya bukanlah sebuah negara melainkan nama semenanjung atau kumpulan dari beberapa negara. Indochina adalah perbatasan atau antara India dan China. Makanya dikenal dengan nama Indochina.

Semenanjung Indochona berada di wilayah Asia Tenggara. Tepatnya timur India dan selatan Tiongkok. Budaya Indochina sangat kental dengan budaya campuran antara India dan Tiongkok.

Pengetian Indochina ada dua:

Negara bekas jajahan Prancis. seperti :

  1. Kamboja
  2. Laos
  3. Vietnam

Pengertian kedua adalah Asia Tenggara Daratan mencakup:

Myanmar

Vietnam

Semenanjung Malaysia juga sering dimasukkan dalam kategori Indochina. Secara umum, agama yang ada di Indochina adalah Budha. Masih mau nyinyir tanpa kroscek kebenarannya dulu?

Indonesia dan Indochina jelas beda sekali. Indonesia sebuah negara sedangkan Indochina adalah kumpulan dari berbagai negara, sehingga Indochina lebih luas dan lebih besar jangkauannya.

Indochina tidak bisa diakui sebagai sebuah negara, karena jika didasarkan pada pengakuan sempit Indochina adalah kumpulan negara bekas jajahan Prancis. Jika didefinisikan secara luas adalah nama sebuah tempat, bukan negara.

LEAVE A REPLY